HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

TARCHIPELAGO KREATIVITAS BERKELAS SMA TARAKANITA 1 JAKARTA

Tarchipelago: The Islands are calling, Tarpelago awaits!! Adalah tema Tarki Cup 2024 kali ini.

Tarki Cup adalah acara tahunan SMA Tarakanita 1 Jakarta, yang selalu disambut antusias sekolah-sekolah lain. Soalnya, lomba-lomba yang diadakan selalu beragam dan seru, sehingga sekolah-sekolah di Jabodetabek yang diundang, umumnya gak pernah absen untuk ikutan.

Panggung pecah

Penampilan keren Juara 1 Solo Vocal

Sabtu, 28 Septermber 2024, sejak sore panggung pertunjukan dengan permainan lampu keren, pecah dengan pengisi acara yang membuat penonton bertahan berdesakan di seputar panggung. 

Setelah pengumuman pemenang-pemenang lomba, ada penampilan band yang meraih juara pertama yakni SMAN 9 Jakarta dan juara satu Solo Vocal  yang super keren suaranya Josephine Mikha Erino Jahja dari SMA Fons Vitae 1 Jakarta, modern dance ekskul Tarki, Korps Putri Tarakanita (KPT) yang selalu sukses meraih decak kagum dan… penampilan spesial dari guest star yang ditunggu-tunggu: TBA

Penonton yang memadati seputar panggung sesekali berteriak histeris mengelukan dengan antusias mereka yang tampil di panggung, tak henti mereka juga bergerak mengikuti dentuman irama.  

Kejutan tiba-tiba datang yang membuat penonton-- terutama para siswi SMA Tarakanita 1-- makin heboh, ketika di panggung tampil guru mereka menyanyi dengan iringan band. 

Stand Art Exhibition, menampilkan karya-karya siswi SMA Tarki
Tak hanya acara di panggung yang jadi sorotan pengunjung, acara Art Exhibition yang menampilkan karya keren para siswi dalam bentuk lukisan kanvas dan digital, serta gelaran karya eskul art, yang menampilkan keindahan alam laut dalam bentuk aksesoris mungil. 

Sesuai dengan tema, semua yang berkaitan dengan acara memiliki sentuhan elemen kelautan. Juga backdrop di panggung yang super keren, menggambarkan keindahan alam bawah laut. 

Penonton berdatangan menjelang acara puncak
Yang menarik, sebagian panitia acara malam itu mengenakan dress code unik; kaos panitia dipadu dengan kain. Penampilan tetap spotif tapi memberi sentuhan tradisional dan feminin. Kerenn.

Panggung acara yang semarak dengan beragam pengisi acara adalah puncak acara Tarki Cup yang diselenggarakan sejak 20 Septermber 2024. 

Beragam lomba diadakan selama seminggu lebih acara, mulai dari lomba Solo Vocal, Band, Modern Dance, Cosplay, Futsal, Basket, Baseball, Fotografi hingga Speech & Storytelling.  

Merancang acara diantara jam belajar

Tetap licah bertugas meski memakai kain
Tarki Cup adalah kegiatan besar yang ditangani langsung oleh siswi-siswi SMA Tarakanita 1, dengan didampingi oleh guru pembimbing.

Mulai dari mencari tema, mendesain merchandise, backdrop panggung, umbul-umbul hingga kaos panitia, memiliki benang merah yang selaras. 

Elemen sesuai tema menjadi benang merah yang selaras
Hingga menyusun acara secara keseluruhan, menyusun panita acara, panitia lomba, mencari sponsor, mencari dana tambahan dengan dana usaha, mempromosikan dan menjual mechandise, memilih juri, melobi dan mendampingi juri, mencari media partner dan tenants, menentukan dan melobi pengisi acara hingga membuat publikasi acara secara aktif di medsos.

Hebatnya, semua dikerjakan para siswi SMA Tarakanita 1 diantara jam belajar, bahkan di tengah kesibukan mempersiapkan Sumatif Tengah Semester (STS). 

Kreativitas berkelas

Beberapa lukisan kanvas yang dipamerkan 
Seberapa besar sih dampak ikutan kegiatan sekolah yang super repot dan amat sangat melelahkan itu untuk masa depan para siswi? 

Mungkin sekelumit kisah berikut bisa jadi gambaran. 

Suatu ketika seorang manager HRD di sebuah perusahaan swasta berskala nasinonal di Jakarta berucap, “Kalau ada calon karyawan yang SMA nya dari Tarakanita, pasti jadi favorit. Soalnya sudah bisa dipastikan SDM berkualitas.” 

Pendapat sang manager mungkin sebagai gambaran bahwa para siswi SMA Tarakanita  sudah ‘dibentuk’ saat menjalani hari-hari di sekolah. Mereka dilatih untuk mandiri dalam mengerjakan semua hal. Tentu didampingi oleh guru pembimbing, namun mereka terlatih untuk menggali kreativitas sedemikian rupa, harus berani membuat keputusan stategis saat menghadapi masalah di lapangan dan ini yang super penting: berkomitmen penuh pada tugas yang diemban. 

Sebagian dari tenants yang ikutan di Tarki Cup 2024
Dan latihan menyelenggarakan acara besar saat mereka masih SMA itu, secara tidak langsung membentuk etos kerja yang bagus, sehingga mereka pun tampil sebagai SDM yang berkualitas.

Nggak heran bila hasil karya mereka selalu maksimal dan mengundang kekaguman. Tarki Cup 2024, Tarchipelago adalah salah satu contohnya. Kesungguhan menghasilkan kekaguman. Congrats SMA Tarakanita 1,Jakarta.***MH 

Foto utama: Kinanti

Foto-foto: MH

#acarasmatarakanita1jakarta

#tarkicup2024

#tarchipelago2024

#tarchipelago

#smatarakanita1jakarta

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *