HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KISAH SERU ATLET INDONESIA PERAIH MEDALI DI OLIMPIADE PARIS 2024

 

Hari ini Olimpiade Paris berakhir. Berlangsung selama 17 hari dari tanggal 26 Juli, acara penutupan Olimpiade akan berlangsung pada Minggu, 11 Agustus 2024 malam waktu Paris. 

Meski sudah hampir berakhir, namun kisah-kisah seru di balik ajang olah raga multi-event yang diadakan empat tahun sekali ini, masih asyik untuk dibincangkan.  

Terutama kisah para atlet kita yang berhasil mengharumkan nama bangsa di event yang diikuti 182 negara ini. Lewat perjuangan mereka yang begitu besar, berhasil meraih medali. Hingga hari terakhir Olimpiade, tiga medali berhasil dibawa pulang ke negeri tercinta, yakni 2 emas dan 1 perunggu. 

Berikut kisah seru tiga atlet, yang dirangkum dari berbagai sumber, yang membuat bangga bangsa dan negara dengan prestasi mereka. 

Mariska Tunjung

Raih Medali tanpa Bertanding & Dukungan Kekasih

Jorji mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia (Foto IG @gregoriamrska)

Mariska Tunjung pebulutangkis tunggal putri, berhasil memecah telur perolehan medali Indonesia di Olimpiade Paris 2024. 

Sejak hari pertama menonton Olimpiade Paris, masyarakat Indonesia menanti dengan penuh harap lagu Indonesia Raya bisa berkumandang dan altet Indonesia ada di podium.

Akhirnya, penantian pun terjawab dengan berhasilnya cabor bulu tangkis mendapat satu medali yakni perunggu. Yang menarik, pebulu tangkis tunggal putri yang bernama lengkap Gregoria Mariska Tunjung Cahyaningsih ini mendapat medali tanpa harus bertanding.

Jorji begitu nama panggilan pebulutangkis kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, 11 Agustus 1999 ini, sebetulnya merasa tidak puas. Namun karena lawannya cedera, sehingga mundur dari Olimpiade. Dan BWF (Badminton World Federation)  pun mengumumkan bahwa Gregoria  berhak mendapat medali perunggu. 

Saat berlaga di Olimpiade Paris 2024, Jorji merasa bahagia karena kekasih tercinta Mikha Angelo, menyaksikan secara langsung ia lolos ke perempat final. 

Rupanya sang kekasih yang yang seorang penyanyi dan musisi kenamaan Indonesia ini, datang langsung ke Paris untuk mendukung Jorji.

Seluruh masyarakat Indonesia bangga dengan performa Jorji yang gemilang saat melawan tunggal putri Korea Selatan, Kim Ga Eun di babak 16 besar. Demikian juga Mikha, dengan penuh kebanggaan tak henti memberi dukungan untuk kekasih tercinta.

Veddriq Leonardo

Berharganya Waktu 0,02 Detik

Berharganya 0,02 detik bagi Veddriq (Foto IG@veddriq)

Mungkin bagi banyak orang waktu 0,02 detik tidak begitu berarti. Namun tidak bagi Veddriq Leonargo, atlet pemanjat tebing Indonesia. Berkat 0,02 detik itulah ia berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. 

Ia berhasil mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Dan sekaligus membawa naik drastis peringkat Indonesia dalam perolehan medali, yakni langsung naik hingga 26 peringkat. 

Atlet kelahiran Pontianak 27 tahun lalu ini, seperti dilansir Kompas.com, meraih medali emas setelah mencatat waktu 4,75 detik untuk memanjat climbing wall setinggi 15 m. Ia lebih cepat atas wakil China Wu Peng yang lebih lambat 0,02 detik pada laga final nomor speed. 

Kecepatan Veddriq memanjat tebing sangat mengagumkan, terkesan tak masuk akal hingga para komentator olah raga juga netizen menyebutnya sebagai 'Spiderman'.

Veddriq merasa sangat bangga bisa mempersembahkan medali emas sebagai kado ulang tahun RI ke-79. 

Selain itu ia juga bersyukur karena olah raga panjat tebing terbilang olah raga baru, namun diberi kepercayaan untuk mengikuti Olimpiade, “ Senang sekali, alhamdulillah bisa berhasil membuktikan dengan meraih medali emas. Sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian ini,” ungkap Veddriq. 

Pria kelahiran 11 Maret 1997 ini sedari remaja memang hobi dengan kegiatan alam bebas. Dan saat aktif di kegiatan alam bebas itulah ia berkenalan dengan penjat tebing. 

Semula sang bunda kurang setuju saat Veddriq memilih panjat tebing sebagai pilihan kariernya. Apalagi di Pontianak belum banyak fasilitas panjat tebing. 

Namun tekad dan kerja kerasnya membuahkan hasil. Sejak tahun 2021 hingga 2024, seperti dilansir CNN Indonesia, Veddriq sudah empat kali memecahkan rekor dunia. Dengan meraih medali emas Olimpade Paris 2024 prestasi Veddriq mencapai puncak dan membuktikan bahwa cabor yang masih baru pun bisa meraih prestasi gemilang di Olimpiade. 


Rizki Juniansyah 

Ritual Memuliakan Ibunda Tercinta

Mimpi Rizki terwujud di Olimpiade Paris (Foto IG@rjuniansyah_)

Medali emas kedua pada Olimpiade 2024 untuk Indonesia dipersembahkan oleh atlet angkat besi asal Serang, Rizki Juniansyah. 

Atlet muda yang lahir pada 17 Juni 2003 ini, tidak hanya berhasil meraih medali emas tapi juga memecahkan rekor angkatan Olimpiade. Beberapa media menuliskan bahwa Rizki sempat tidak percaya dan tidak menyadari bahwa ia memecahkan rekor Olimpade.

Seperti dilansir Detiksport, Rizki meraih podium pertama dengan Angkatan total 354 kg. Setelah selama ini menyumbang medali perak dan perunggu sejak 2008, angkat besi untuk pertama kalinya meraih medali emas.

Rizki semangat bertandingnya makin menyala ketika sang bunda tercinta, Yeni Rohaeni Durachim datang langsung ke Paris untuk memberi dukungan.Tidak lupa sang bunda membawa makanan kesukaaan Rizki yakni rendang dan ayam suir.

Selain sangat dekat dengan ibunda tercinta, Rizki ternyata memiliki kebiasaan memuliakan sang bunda. Setiap kali akan bertanding ia mencuci tangan dan kaki sang bunda lalu meminum air bekas cucian tersebut. Rizki mengaku, ia merasakan kekuatan khusus setiap kali melakukan ritual itu. 

Rizki tak kuasa menahan tangis saat memeluk ibunda tercita, usai meraih medali emas. Dia sangat yakin doa dan dukungan ibunda tercinta yang membuat ia bisa meraih sukses dan berhasil sampai ke puncak prestasi angkat besi.

Rizki memang datang dari keluarga atlet. Sang ayah, Mohamad Yasin, adalah mantan atlet angkat besi nasional yang memiliki sasana di kota Serang, Banten. Rizki sudah digembleng sang ayah sejak usia 6 tahun. 

Dan menurut sang ayah, Olimpaide Paris 2024 merupakan impian Rizki yang terwujud.  

Selamat dan terimakasih tak terhingga untuk semua atlet Indonesia yang sudah berjuang keras untuk mengharumkam nama bangsa di Olimpiade Paris 2024. Bravo!*** MH 

Foto utama: Istimewa

#atletolimpiadeparis2024

#olimdiadeparis2024

#olimpiade2024

#olimpiadeparis

#olimpiade2024


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *